Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara mengirim lamaran kerja lewat email ini 90% akan berhasil Jika teman teman mengikuti langkah demi langkah yang ada di artikel ini, Kemungkinan besar lamaran kerja anda akan diterima dengan baik oleh perusahan, berikut cara mengirim lamaran lewat email.

A. Beberapa hal yang hari dipersiapkan sebelum mengirim lamaran Via email

  1. Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar dengan bahasa yang formal
  2. CV yang baik dan menarik
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Daftar Nilai
  5. Scan KTP
  6. Pas Photo Sesuai dengan yang diperlukan Perusahaan
  7. Scan Sertifikat yang diminta oleh perusahaan seperti ( Toelf, ISO, dan lain sebagainya )
  8. Pastikan FIle Lampiran Tidak terlalu besar
  9. Pastikan tidak mengedit/merubah file asli.

 

B. Hal yang perlu disiapkan dalam mengirim lamaran kerja lewat email

 

1. Persiapkan Seluruh Dokumen Persyaratan Yang Diminta

Pastikan agar dokumen yang diperlukan oleh perusahaan anda persiapkan dengan benar susuai dengan apa yang perusahaan butuhkan seperti,Scan Sertifikat Toelf, Scan Sertifikat Pelatihan, Scan KTP, Scan Ijazah dan Transkrip Nilai, CV dan lain sebagainya

Agar cara mengirim lamaran lewat email berhasil diterima oleh HRD, Pastikan semua berkas sudah discan, usahakan agar ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, seperti “.doc” , “.pdf” , atau “.jpeg”

 

2. Email Menggunakan Nama Lengkap

Bagi Teman-teman yang masih mengguankan nama aslias atau dengan tambahan kata-kata yang tidak sesusai, sebaiknya mulai dari sekarang anda merubah email anda. Misalnya aninda_manies99@gmail.com ubah menjadi anindasyahputri@gmail.com

Untuk email teman-teman bisa menggunakan Gmail dan Yahoo, Cara mengirim lamaran via email lebih baik menggunakan gmail. Namum kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.

3. Pastikan Pengiriman Dengan Email Sesuai Standar

Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja lewat email, diantaranya Email yang dituju/penerima, CC, Subjek, Body atau Isi Email dan Lampiran dengan benar

Ada baiknya ketika teman teman mengirim lamaran kerja lewat email dijam kerja yaitu diantara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan anda mengirim pada waktu lowongan kerja masih ada. ini bertujuan menunjukan anda pribadi yang profesional.

 

C. Berikut Langkah-langkah Cara Mengirim Lamaran Lewat Email :

 

1. Isi dan Pastikan Alamat Email Perusahan Sudah Benar

Pastikan teman-teman double check untuk alamat email perusahan, jangan sampai salah 1 huruf/angkat penulisan email perusahan, karena bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.


2. Isi dan Pastikan Subjek Email Sudah Benar

Banyak lowongan kerja yang mengharuskan untuk mencantumkan posisi yang dilamar didalam subjek email.

Hal ini berguna untuk memudahkan perusahan untuk mengetahui email yang masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar kerja

Misal untuk Posisi Customer Service Representative

Teman-teman bisa mencantumkan CSR – Andinda Dwi Yati di Subjek Email

Namum contoh ini tidak bisa menjadi patokan, karena ada beberapa perusahan menginginkan subjek yang berbeda dari yang biasa, Teman-teman harus lebih teliti dalam melihat Subjek Email yang ada di lowongan kerja.


3. Tulis Lamaran Kerja di body Email

Tulis Surat Lamaran kerja anda di body email dengan lengkap dan singkat, jangan terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran kerja.

Teman-teman bisa menulis surat lamran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian masukan kedalam lampiran, dan juga bisa menulis surat lamaran kerja langsung di body email

Saya sangat menyarankan untuk menuliskan surat lamaran kerja di body/badan email, hal ini bertujuan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kita kirim, dari pada harus mendowload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.


4. Pastikan Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan

Pastikan teman-teman melampirkan semua file yang sudah discan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, dan lain Sebagainya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan,

Usahakan agar file lampiran tidak lebih dari 2 MB, Perlu diperhatikan  dalam melampirkan file teman-teman harus lebih teliti, karena setiap lowongan kerja berbeda-beda dalam melampirkan file.

Ada beberapa perusahan yang menharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada juga perusahaan yang meminta agar file digabung jadi 1 dalam bentuk .RAR/.ZIP, jadi disini teman-teman harus lebih teliti lagi ya. Ikuti apa yang diharuskan oleh perusahaan.

 

Klik Icon attachment

Selanjutnya pilih file yang susuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, Kemudian klik open.

 

 

5. Cek Kembali Tujuan, Isi dan Lampiran Email

Setelah semua sudah di isi baik itu alamat email perusahaan, subjek, Isi dan Lampiran, teman-teman harus memeriksa kembali semuanya, periksa apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dan yang paling penting adalah periksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karna kalau salah surat lamaran tidak akan terkirim.

 

6. Berdoa dan Kirim Surat Lamaran

Setelah semuanya telah lengkap sesuai dengan persyaran yang dibutuhkan perusahaan, Barulah kirim surat lamaran kerja lewat email.

Jangan lupa berdoa supaya surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan